Re-Design web toko online sebuah strategi

belajar internet
Menurut survei terakhir the internet retailer untuk membangun web commerce / web store yang menghasilkan traffic dan sales, peritel online membuat halaman interaktif, review pelanggan, video dan fitur canggih lainnya. Peritel juga mengoptimasi web nya dan mendesain ulang website nya untuk mempercepat navigasi dan kinerjanya.
Dari survei ditemukan 49% peritel online mengubah desain webnya dalam 1 tahun terakhir, 26,6 % dalam 6 bulan terakhir dan 13,3% dalam 90 hari terakhir.
Desain ulang website merupakan salah satu pendekatan strategi untuk peningkatan bisnis peritel online. Dari data survei 81,7% peritel mengharapkan peningkatan tingkat kunjungan dan konversi belanja dengan desain web yang baru. Dibanding 50% peritel yang terapkan strategi layanan pelanggan yang lebih baik atau hanya 48,3 % untuk penjualan multi produk

Di masa sebelumnya web peritel online hanya fokus pada tampilan yang indah untuk menarik calon pembeli online. Namun saat ini desain baru web toko online lebih fokus pada kecanggihan proses belanja online. Menurut survei The Internet Retailer 43,3% peritel akan update web nya dengan tambahan video, 36,7 % dengan review pelangggan dan 35% dengan bantuan konfigurasi produk.

Peritel online yang ingin selalu terdepan dalam dunia ritel online tidak dapat hanya merubah tampilan grafik pada homepage. Desain web toko online yang sukses dibuat berdasarkan studi bagaimana calon pelanggan berinteraksi dan pengalaman belanja yang mudah dan menyenangkan. Intinya desain web toko online harus bisa memberikan peningkatan bisnis ritel onlinenya.
web design
Sudahkah anda pemilik toko online merubah tampilan web anda dalam kurun waktu tertentu? Apakah tampilan web anda saat ini sudah cukup menarik pelanggan baru atau telah berhasil mempertahankan pelanggan lama untuk tetap kembali dan kembali lagi berbelanja.
Salah satu web toko online utama di Indonesia bhineka.com dalam kurun waktu 10 tahun telah berganti desain sebanyak 19 kali atau hampir 2 kali re-design per tahun.

Ini kutipan dari backstage bhineka.com :

“Desain yang kami luncurkan pada penghujung 2007 ini merupakan desain ke-19 sejak Bhineka.Com online pertama kali pada 1999. Artinya, selama 8 tahun sejak diluncurkan, rata-rata lebih dari 2 kali dalam setahun kami berganti desain. Namun desain ke-18 sebelumnya memang desain terlama yang bertahan selama 3 tahun lebih, hampir seluruh dari design tersebut selalu dilakukan oleh tim internal kami sendiri. Kami percaya, melalui design pun kita bisa menunjukan kepada dunia dan kita sendiri tentang kemampuan bangsa Indonesia.”

Menurut survei The internet Retailer, 40% peritel online mengerjakan sendiri proses desain ulang, 20% dikerjakan oleh kombinasi antara staf internal dan web developer pembuat. Dan 15% akan memberikan desain ulang pada web developer yang baru. Peritel yang mengerjakan sendiri desain webnya, 80% memperkerjakan minimal 3 orang web web developer

Walau hasil-hasil survei ini dilakukan di Amerika tapi dengan perkembangan bisnis online di Indonesia saat ini, fenomena ini akan terjadi dalam waktu yang singkat.

Bagi peritel online di Indonesia strategi Re-design website juga bisa dilakukan dengan cara-cara di atas, mengerjakan oleh tim internal sendiri, atau memesan ke pihak ketiga atau juga kombinasi keduanya.

Bisnis seperti yang dimiliki Dipa Mitra Cyber yang bergerak dibidang Internet Academy dan juga Web Development, merupakan solusi bagi kebutuhan re-design website bisnis anda. Bagi yang ingin mengerjakan website sendiri, bisa belajar membuat website di program internet academy seperti workshop 1 hari atau kursus intensif. Sementara yang lebih senang memesan yang langsung jadi, bisa melalui bagian web developer dengan harga yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.


Sudahkah anda menerapkan strategi re-design ulang website bisnis anda untuk lebih meningkatkan bisnis anda tahun ini? Perlu untuk dipertimbangkan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dipanet hadir di Fatmawati Jakarta

Seminar Internet Gratis ke-II, 12 Juli 2008

Jadwal Seminar Gratis Minggu ini